Harga BBM resmi naik menjadi Rp. 6500 per liter

Ini merupakan kenaikan harga BBM pertama sejak tahun 2008 di tengah-tengah protes yang disertai kekerasan di berbagai tempat.

Wartawan Radio Australia melaporkan, menjelang kenaikan resmi harga BBM itu, di berbagai SPBU terlihat antrean panjang orang-orang yang ingin membeli sebanyak mungkin BBM sebelum harga resmi meloncat.

Menteri Energi Jero Wacik mengatakan, dinaikkannya harga BBM tersebut adalah upaya mengurangi subsidi yang berlaku selama ini yang sangat memberati anggaran negara.

Menko Ekonomi Hatta Rajasa mengumumkan kenaikan ini lewat televisi dan mengatakan, ini merupakan langkah terakhir yang diambil pemerintah karena krisis ekonomi dunia yang terjadi sebelumnya telah berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Anggota polisi dalam jumlah besar telah dikerahkan di berbagai kota untuk mengamankan pengumuman kenaikan harga BBM tersebut, dan unjuk-rasa-unjuk-rasa yang dilancarkan umumnya tidak terlalu berarti dan tertib.

Harga minyak solar naik menjadi 5500 rupiah per liter.

Harga BBM di Indonesia adalah di antara yang terendah di Asia.

Menurut wartawan Radio Australia, ketika penarikan subsidi  BBM baru diwacanakan masyarakat sudah berang dan ribuan pengunjukrasa sempat terlibat aksi kekerasan dengan polisi di luar gedung DPR Senin lalu, ketika para wakil rakyat membicarakan usul kenaikan tersebut. (TribunNews.com)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s